Header Ads

ACEH TAMIANG RAIH TROPHY RAKSANIYATA 2010 DARI KLH

loading...
Dalam rangka pelaksanaan Program Menuju Indonesia Hijau (MIH) 2010, Kementerian Lingkungan Hidup RI telah melakukan pemantauan dan penilaian terhadap 88 kabupaten dari 157 kabupaten yang ikut serta dalam program MIH 2010. Dan setelah dilakukan evaluasi oleh Tim Pengarah dan Dewan Pertimbangan penilaian MIH, Kabupaten Aceh Tamiang ditetapkan sebagai salah satu kabupaten penerima Trophy Raksaniyata 2010 bersama 10 kabupaten lainnya dari seluruh Indonesia.

Program MIH adalah suatu program pengawasan kinerja pemerintah kabupaten dalam pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang konservasi sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan. Adapun tujuan program MIH adalah untuk melakukan pengawasan kinerja pemerintah Kabupaten dalam peningkatan penaatan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang konservasi sumberdaya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan.

Aspek dan parameter penilaian MIH yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) terhadap Kabupaten Aceh Tamiang meliputi aspek fisik dan non fisik. Aspek fisik terdiri dari tutupan vegetasi, kesesuaian fungsi kawasan, keanekaragaman hayati dan buffer zone. Sedangkan aspek non fisik meliputi potensi SDA, kelembagaan, pemantauan dan pengawasan, partisipasi masyarakat (termasuk kearifan local) dan dunia usaha serta parameter bencana.

Penilaian MIH yang telah dilakukan KLH terhadap Kabupaten Aceh Tamiang terdiri dari 2 tahapan. Tahap I yang dilakukan untuk penapisan pemerintah kabupaten yang dilakukan dengan penilaian terhadap tutupan vegetasi berdasarkan analisis citra satelit. Sedangkan tahap II merupkan penilaian dan pengecekan langsung (ground check) ke kabupaten Aceh Tamiang baik fisik maupun non fisik.

Kepastian Kabupaten Aceh Tamiang mendapatkan trophy bergengsi dalam bidang konservasi sumber daya alam dan pengendalian kerusakan lingkungan tersebut melalui surat Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor B-8916/Dep.III/LH/11/2010 tanggal 24 November 2010 yang ditujukan kepada Bupati Aceh Tamiang.

Penyerahan Trophy Raksaniyata akan dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS dan akan dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Tamiang Drs. H. Abdul Latief yang didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab. Aceh Tamiang Drs. Syuibun Anwar pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang akan diselenggarakan pada hari ini tanggal 29 November 2010 di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. ###
Diberdayakan oleh Blogger.