Header Ads

Penanggulangan Resiko Bencana di Aceh Tamiang

loading...
Aceh Tamiang - Untuk meghadapi kesiapan terhadap ancaman bencana alam secara dini, People's Crisis Centre (PCC) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar seminar sehari. Kegiatan yang berlangsung di aula Setdakab setempat, selasa (2/11) melibatkan beberapa organisasi dan LSM.

Mengusung tema "Membangun Ketahanan 'Resiliensi' Masyarakat Terhadap Ancaman Bencana", PCC dan BPBD Aceh Tamiang menjalankan program pengembangan sistem peringatan dini (early warning system). Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak resiko banjir terhadap masyarakat, karena Kabupaten Aceh Tamiang merupakan salah satu daerah rawan benana.

Aceh Tamiang merupakan daerah rawan banjir. Sejarah banjir yang terbesar terjadi pada desember 2006. Banjir bandang itu disebabkan selain curah hujan yang tinggi, juga dipengaruhi dengan kondisi kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Tamiang.

DAS Tamiang mengelola sumber daya hidrologis yang berasal dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Aceh Timur, dan Kabupaten Langkat-Sumatera Utara.

Dikutip dari : Harian Global, 3 November 2010.
Diberdayakan oleh Blogger.