Header Ads

BLH Aceh Tamiang Laksanakan Pemantauan Kualitas Lingkungan

loading...
Suara-tamiang | Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Aceh Tamiang kembali melaksanakan pemantauan kualitas lingkungan hidup tahap II tahun 2010. Sasaran pemantauan meliputi 10 pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada dalam wilayah kabupaten Aceh Tamiang.

Kepala BLH Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Syuibun Anwar melalui Kabid Standarisasi Penaatan dan Pengendalian Lingkungan Sayed Mahdi, SP mengatakan pemantauan yang dilakukan pihaknya merupakan amanat dari UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dikatakan Sayed, pembinaan dan pengawasan terhadap ketaatan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan terhadap ketentuan perizinan lingkungan dan peraturan perundang-undangan adalah merupakan tugas dan wewenang pemerintah kabupaten sebagaimana disebutkan dalam Pasal 63 ayat 3 UU Nomor 32 tahun 2009.

Pemantauan lingkungan yang dilakukannya adalah untuk mengetahui tingkat ketaatan pemilik usaha dalam mengelola lingkungannya sebagaimana telah disepakati dan dinyatakan di dalam dokumen lingkungannya baik AMDAL ataupun UKL-UPL perusahaan tersebut.

Untuk itulah pihak BLH Aceh Tamiang melakukan pengambilan sampel terhadap air limbah semua PKS yang ada dalam kabupaten Aceh Tamiang untuk selanjutnya akan diteliti dan dianalisis di Laboratorium Lingkungan BLH Provinsi Sumatera Utara sebagai laboratorium yang independen dan telah terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Sayed Mahdi menambahkan, kewajiban untuk memelihara lingkungan hidup sebenarnya bukanlah tanggung jawab pemerintah semata ataupun badan Lingkungan Hidup, tetapi sebagaimana telah diatur dalam pasal 67 UU Nomor 32 tahun 2009, setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mengendalikan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup (***).
Diberdayakan oleh Blogger.