Header Ads

Warga Diimbau tak Buang Sampah ke Sungai

loading...
Sungai dan laut yang ada di Aceh Tamiang bukan tempat pembuangan sampah dan limbah. Kebiasaan membuang sampah dan limbah ke sungai dan ke laut harus ditinggalkan, karena bisa berdampak kepada rusaknya kehidupan habitat ikan dan kehidupan laut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Tamiang, drh Asma’i kepada Serambi, Sabtu (21/8) mengatakan, kondisi sungai dan laut yang ada di Aceh Tamiang mulai tercemar oleh sampah dan limbah yang dibuang oleh masyarakat dan perusahaan perkebunan. “Karenanya kita harapkan pengertian semua pihak untuk tidak menjadikan laut dan sungai sebagai tempat pembuangan limbah dan sampah,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk mengurasi kerusakan laut, sebulan lalu dilakukan gerakan bersih pantai dan laut yang dilakukan pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh di Pantai Pusung Cium, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang. Kegiatan itu melibatkan pejabat daerah dari kepala desa hingga bupati, dari pelajar SD hingga mahasiswa. “Gerakan ini juga merupakan upaya pengendalian pencemaran laut yang berbasis masyarakat dalam rangka mengimplementasikan agenda pembangunan berkelanjutan,” tambahnya.(an)

Serambi Indonesia, 22 Agustus 2010
Diberdayakan oleh Blogger.