Header Ads

Cegah Pencemaran, DKP Aceh Bersihkan Pantai Seruway

loading...
PortalHijau.com - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Aceh menggelar gerakan bersih pantai dan laut dalam rangka melestarikan laut dari pencemaran limbah. Acara di pusatkan di Pantai Pusong Cium, Kecamatan Seruway, Kamis (29/06).

Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Aceh, Ir Razali MSi dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan bersih pantai dan laut ini dilakukan untuk mencegah bahaya pencemaran pantai dan laut akibat perubahan iklim dan mendorong peran warga dalam upaya mitigasi pencemaran pantai dan laut. Di samping itu untuk mengikis kebiasaan buruk warga membuang sampah di laut. “Dari kegiatan tersebut akan tumbuh kesadaran dari masyarakat untuk terus melastarikannya,” ujarnya.

Sementara Bupati Aceh Tamiang, Drs H Abdul Latief mengatakan, Aceh Tamiang memiliki laut seluas 21.112 kilometer dengan panjang pantai 77.7 kilometer, kondisi ini menjadi potensi sebagai objek wisata bahari yang dianggap exotis dan strategis dalam meningkatkan PAD.

“Program bersih pantai dan laut dapat meningkatkan kesadaran serta kepedulian warga terhadap pelestarian lingkungan dan pelestarian sumber daya pesisir pantai secara berkelanjutan,” ujarnya. Ditambahkan, bahaya pencemaran laut perlu diketahui warga, terutama aktifitas di daratan yang menyebabkan terjadinya sampah sehingga biota-biota di pesisir pantai dan laut tidak terganggu ekosistemnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan pelepasan benih ikan bandeng sebanyak 500 ekor. Hadir pada acara tersebut unsur Muspida plus dan Muspika Kecamatan Seruway.
Diberdayakan oleh Blogger.