Header Ads

Dishutbun Atam Laksanakan Penanaman Pohon “Satu Orang Satu Pohon”

loading...
Aceh Tamiang, Media NAD : Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Tamiang melaksanakan program nasional Departemen Kehutanan untuk melakukan penghijauan di lingkungan pemukiman dengan tema One Man One Three, penanaman satu orang satu pohon dilaksanakan bersamaan dengan pembinaan desa PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) yang bertempat di Desa Suka Jadi Kecamatan Rantau. Hal ini disampaikan kepala DInas Kehutanan dan Perkebunan, Syahri SP diruang kerjanya baru-baru ini kepada Media.

Menurutnya, acara penanaman ini akan mengundang seluruh pejabat yang berkompeten di Aceh Tamiang. Adapun jenis pohon yang akan ditanam secara simbolis dalam acara one man one three, terdiri dari pohon mahoni, tanjung dan glodokan tiang sebanyak 50 batang. DInas terkait juga telah menyalurkan bibit pohon sebanyak 20.000 batang bantuan dari Departemen Kehutanan pada tahun 2009 katanya menjelaskan tentang bantuan bibit yang telah disalurkan kepada masyarakat yang mau menanam dan memelihara dengan pola menanam pohon yang bertujuan melestarikan alam di lingkungan pemukiman.

Dengan diadakannya acara penanaman pohon di desa PHBS, diharapkan animo masyarakat sekitar desa dapat mencontoh dan mengikuti program penanaman tersebut. Dengan harapan desa itu dapat melakukan penghijauan dan melestarikan hutan yang sekaligus mejadikan masyarakat yang sadar atau peduli akan lingkungan. Penanaman pohon dilaksanakan di pinggiran jalan dan halaman-halaman sekolah guna penghjauan serta memperindah wajah lingkungan desa sehingga menjadi bersih, teratur dan asri, terang kadis Hutbun.

Rencana awalnya acara ini akan kami selenggarakan di Desa Batu Bedulang berhubung kondisi jarak tempuh ke desa tersebut jauh karena harus ditempuh dengan transportasi air sehingga membutuhkan biaya yang besar maka acara kita alihkan ke desa PHBS Kecamatan Rantau, jelasnya.

Namun walaupun begitu, kita sudah merancang untuk menyelenggarakan di desa Batu Bedulang dalam program Desa Terpadu. Yakni program untuk meningkatkan perekonomian dan kesehatan masyarakat desa setempat dengan melibatkan dinas terkait. Saat ini kita lagi merancang juga menyusun tata ruang desa yang terletak di daerah pinggiran hutan bekerjasama dengan Yayasan Leuser Indonesia (YLI) terang Syahri (aa).

Sumber : MEDIANAD, Edisi 356, 1-7 Februari 2010.
Diberdayakan oleh Blogger.