Header Ads

PTPN I Lakukan Pemantauan Lingkungan

loading...
PTPN I melakukan pemantauan lingkungan tahap II tahun 2009 selama 2 hari tanggal 11 s/d 12 Desember 2009. Pemantauan lingkungan yang dilakukan merupakan suatu perwujudan kesepakatan pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang telah dituangkan di dalam dokumen lingkungan studi evaluasi lingkungan (SEL) yang dimiliki PTPN I dan telah mendapat pengesahan dari pemerintah.

Pemantauan lingkungan yang dilakukan PTPN I terhadap 2 Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang yaitu PKS PTPN I Pulo Tiga dan PKS Tanjung Seumentoh. Adapun sasaran pemantauan lingkungan yang dilakukan yaitu meliputi kualitas air (limbah cair dan air sungai), kualitas emisi udara dan udara ambient.

Pemantauan yang dilakukan pada PKS Pulo tiga meliputi 1 titik pantau udara emisi, 3 titik pantau udara ambient, 1 titik limbah cair (outlet) dan 2 titik air sungai (hulu dan hilir). Sedangkan di PKS Tanjung Sementoh, meliputi 1 titik pantau udara emisi, 4 titik udara ambient, 1 titik limbah cair (outlet) dan 2 titik air sungai (hulu dan hilir).

Dari pengambilan sample udara emisi yang dilakukan, ada beberapa parameter yang akan diuji dilaboratorium, yaitu : Debu, NOx, Sox, H2S dan HN3. Sedangkan terhadap udara embient, ada beberapa parameter yang akan dianalisa yaitu SO2, NO2, H2S, NH3 dan TSP. Sementara terhadap air limbah, ada 6 parameter wajib yang harus dianalisa sesuai dengan KepmenLH No. 51 tahun 1995 yaitu pH, TSS, BOD, COD, Minyak dan Lemak dan N-Total.

Dari hasil analisis laboratorium akan diketahui kadar masing-masing sample baik udara emisi, ambient maupun air limbah. Sehingga pihak PKS PTPN I akan dapat mengambil langkah-langkah pengelolaan lingkungan di periode berikutnya.

Pemantauan lingkungan yang dilaksanakan PTPN I merupakan hasil kerjasama dengan pihak Laboratorium BLH Sumatera Utara dan didampingi oleh pihak BLH Kabupaten Aceh Tamiang. Dan meurut catatan BLH Aceh Tamiang, pemantauan lingkungan yang dilakukan PTPN I ini merupakan pemantauan satua-satunya untuk semester 2 tahun 2009 yang telah dilakukan oleh PKS yang berada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Pihak BLH Aceh Tamiang juga berharap agar kegiatan pemantauan yang telah dilaksanakan oleh PTPN I ini dapat diikuti oleh PKS-PKS lainnya yang ada di Aceh Tamiang. Dan berharap agar pihak PTPN I tetap komit dan konsisten dalam mengelola dan memantau lingkungan sehingga tidak menimbulkan permasalahan dengan masyarakat sekitar PKS. (***)
Diberdayakan oleh Blogger.